Cara Mengintal Xampp untuk WordPress

Cara Menginstall WordPress pada Localhost dengan XAMPP

by Subkhan on August 3, 2010

Menginstall WordPress di localhost atau menginstall di komputer memang sangat diperlukan saat kita ingin melakukan percobaan-percobaan dengan blog WordPress sebelum diupload pada hosting. Sebelum online dan bisa diakses jutaan orang di dunia, kita wajib menguji coba blog kita dahulu. Untuk keperluan percobaan plugin dan WordPress themes misalnya, daripada terjadi error nantinya apabila langsung diupload.

Disini saya akan memaparkan cara menginstall WordPress di localhost komputer dengan sistem operasi Windows. Bisa Windows XP, Windows Vista, maupun Windows 7. Soal menginstall di ubuntu/Linux, mohon maaf saya belum mencobanya. Ok, langsung saja langkah-langkahnya yuk!

Menginstall XAMPP pada Windows

XAMPP adalah sebuah software gratisan yang fungsinya untuk menjadikan komputer Anda menjadi server. Nah, dalam menginstall WordPress, diperlukan adanya server iniuntuk membaca/memanggil script php pada WordPress. Apabila belum memiliki XAMPP pada komputer Anda, silakan download XAMPP pada situs resmi XAMPP.

Setelah rampung mendownload XAMPP, silakan menginstallnya. Silakan pilih path pada komputer Anda, boleh pada drive C atau D. Pada tutorial kali ini, saya akan menginstall XAMPP pada drive C komputer. Double click pada XAMPP installer. Berikut ini screenshot installasi XAMPP:

Setelah selesai proses installasi, silakan buka XAMPP Control Panel. Biasanya nanti muncul XAMPP Control Panel di pojok kanan bawah layar komputer Anda. Aktifkan duamenu teratas pada XAMPP tersebut, yaitu menu Apache dan MySQL seperti pada gambar berikut:

Pada saat mengaktifkannya, biasanya muncul Windows Firewall yang memblokirnya. Klik pada “unblock” menu tersebut supaya Apache dan MySQL bisa jalan.

Setelah selesai menginstall XAMPP, bukalah browser Anda dan ketikkan “localhost” tanpa tanda petik pada tab browser. Apabila sukses, maka akan muncul layar seperti berikut:

Selamat, XAMPP berhasil terinstall di komputer Anda! Sekarang waktunya menginstall WordPress pada komputer!

Menginstall WordPress di Komputer Sendiri

Pada menu XAMPP gambar diatas, terdapat berbagai pilihan bahasa. Nah, langsung saja pilih yang bahasa Inggris. Eits, sekarang sudah download WordPress versi terbaru belum? Kalau belum, silakan download WordPress versi terbaru disini. Setelah download WordPress selesai, pastikan ukurannya sekitar 2.8Mb (pastikan tidak corrupt). Simpan file zip WordPress tersebut pada C >> xampp >> htdocs. Kemudian klik kanan, pilih menu ekstrak disini atau extract here. Screenshotnya sebagai berikut:

Oke, sekarang waktunya kembali ke browser “localhost” tadi. Setelah memilih menu “English”, maka akan muncul berbagai menu. Pilih satu saja menu, yaitu phpMyAdmin.

Klik, setelah itu akan muncul layar seperti ini:

Isi kotak “create new database” dengan kata “wordpress” tanpa tanda petik seperti pada gambar dan klik “create” yang ada di sebelahnya. Setelah sukses, akan muncul layar:

Nah, sekarang saatnya mengetik alamat localhost/wordpress pada browser Anda! Akan muncul menu installasi WordPress disana, yang harus Anda lakukan agar install WordPress di komputer sukses adalah mengisi kolom instalasi sama dengan berikut ini:

Ikutilah petunjuknya, mengisi username dan password untuk login pada dashboard, hingga muncul halaman login dan baam!! Selamat Anda berhasil menginstall WordPress di komputer alias di localhost.

Apabila masih ada yang kurang  jelas, sampai jumpa pada kolom komentar ya!

Cara Merubah URL WordPress Menjadi www

by Subkhan on July 20, 2010

Cara mengubah URL menjadi www atau tanpa www sebenarnya sangat mudah. URL sebuah website/blog biasanya depannya ada www-nya, atau tanpa www. Seperti blog tutorial WordPress, diWordPress.com ini saya pilih tanpa www agar mudah dibaca dan lebih pendek. Namun apabila Anda menulis http://www.diwordpress.com pada browser, nanti tetap akan menuju ke blog ini kok. Ini bukan soal baik-buruknya (soal SEO, mungkin), namun hanya soal suka atau tidak suka terhadap alamat blog dengan www atau tanpa www.

Saya menulis tutorial merubah alamat url menjadi www ini karena mendapat request dari seorang teman, tepatnya pada artikel yang berjudul “Langkah Awal Membuat Blog di WordPress Self Hosting“. Dia baru saja menginstall WordPress, langkah yang tepat menanyakan ini pada awal setelah menginstall WordPress.

Memang mengubah url dengan www atau tanpa www itu sangat penting dilakukan pada awal ngeblog. Karena ini berpengaruh pada SEO, apabila dari awal blog Anda tidak menggunakan www awalannya, lalu diindeks oleh Google, maka yang disimpan dalam Google cache adalah alamat blog Anda yang tanpa www. Apabila tiba-tiba Anda merubahnya dengan awalan www, maka blog Anda akan tidak muncul dalam pencarian Google untuk sementara waktu. Namun jangan khawatir, hal itu paling lama bertahan selama satu minggu saja kok.

Cara Merubah URL WordPress Menjadi http://www.blogsaya.com

Ok langsung saja, untuk WordPress 3.0, sama kok caranya. Pertama masuk ke menu Settings >> General. Disana akan ada panel seperti pada gambar berikut:

Rubah kedua alamat diatas yang semula tanpa www, menjadi dengan www. Setelah itu save changes, dan kemudian Anda akan Log Out secara otomatis dan alamat blog Anda sudah berubah menjadi http://www.alamatblog.com. Sangat amat mudah sekali bukan? :p Oh iya, jangan lupa merubah permalink WordPress juga agar lebih SEO friendly!

Cara Menambah, Install Plugin WordPress Otomatis

by Subkhan on June 20, 2010

Cara menambah dan install WordPress plugin secara otomatis sebenarnya cukup mudah. Namun bagi yang baru belajar WordPress, hal ini menjadi sedikit membingungkan. WordPress sudah memberikan semua fiturnya agar bisa digunakan semudah mungkin, dan disini saya akan memberitahukan kepada Anda dimana tempat menambah, menginstall WordPress plugin secara otomatis. Bagi pengguna blog WordPress.com, silakan baca artikel “Menambah Plugin di WordPress.com” ya!

Kemarin sudah saya jelaskan sedikit tentang pengertian WordPress plugin. Nah sekarang ini saatnya untuk memasang WordPress plugin tersebut secara otomatis. Pertama tentu saja login ke blog WordPress Anda masing-masing. Anda sudah login? Kalau sudah, ngomong pada saya lo ya? :p

Kalau sudah masuk pada menu dashboard, sekarang pilih menu Plugins>> Add New. Gambarnya seperti ini:

panel plugin wordpress

Setelah itu, Anda akan masuk pada halaman seperti berikut:

Misalnya disini Anda ingin menambahkan plugin smiley/emoticon pada blog WordPress Anda. Maka coba search plugin tersebut dengan kata kunci smiley. Maka nanti akan keluar halaman hasil pencarian plugin yang terdiri dari banyak WordPress plugin seperti berikut:

halaman hasil pencarian wp smiley plugin

Apabila Anda sudah yakin plugin tersebut adalah WordPress plugin yang Anda cari, maka tinggal klik install dan muncul halaman berikut ini:

install wordpress plugin sekarang

Klik Install Now, tunggu beberapa saat, maka WordPress plugin yang Anda inginkan sudah terinstall di hosting dan blog WordPress Anda. Meskipun begitu, plugin tersebut belum diaktifkan. Apabila Anda ingin langsung mengaktifkannya, tinggal klik Activate Plugin seperti pada gambar berikut ini:

aktifkan wordpress plugin sekarang

Nah, WordPress plugin sekarang siap untuk dipakai. Untuk setting WordPress plugin bisa bermacam-macam sesuai dengan pengembang masing-masing. Agar lebih jelasnya, lebih baik Anda membaca blog development dari masing-masing pengembang WordPress plugin tersebut. Selamat mencoba!

Cara Menambah Read More pada WordPress

by Subkhan on September 3, 2010

Cara menambah link read more di WordPress sebenarnya cukup mudah, namun bagi yang baru saja mengenal WordPress bisa sangat membingungkan. Sebenarnya apa sih fungsi link “read more“, “baca selanjutnya”, atau kalau di blog ini tertulis “belajar tutorial WordPress ini…”? Fungsi read more pada posting blog sebenarnya untuk lebih memperindah tampilan blog, karena termasuk kategori kerapian blog. (baca tips memilih wordpress theme).

Pada blog WordPress, cara menambah link read more ini ada dua cara, yaitu pada halaman pengeditan HTML atau Visual. (lihat pada halaman add new post, bagian kanan atas).  Nih gambarnya aku pasang, dah kelihatan kan? Perasaan di blogger juga ada menu seperti ini. Ok, balik lagi ke WordPress. Untuk cara yang pertama, akan dibahas cara membuat link read more pada pengeditan visual.

Setelah proses menulis posting sudah selesai, pilih penggalan paragraf yang ingin ditambah link read more. Saran: penggal dua atau tiga paragraf pertama saja, karena kalau kebanyakan bakal jelek jadinya tampilan Home blog kamu. Istilah lainnya, “kurang rapi” Nah, kalau sudah memilih dimana baiknya meletakkan link read more tersebut, klik cursormu pada akhir paragraf terpilih (akhir paragraf kedua atau ketiga tadi). Setelah itu, klik pada icon kecil diatas kotak edit postingan yang berwarna putih, yang ada garis tengahnya. Tanpa klik juga bisa, hanya dengan menekan Alt+Shift+T pada keyboardmu. Berikut ini gambarnya:

Icon read more

Setelah kamu klik icon read more tag tersebut, akan muncul garis tipis pembatas di tengah artikel posting yang ujungnya ada tulisan kecil “more”. Itu menandakan disitulah kamu memenggal artikel. Bagian atas yang terpajang pada Home, dan bagian akhir yang hanya bisa dibaca kalau mengklik link read more. Sangat mudah bukan?

Cara kedua yaitu dengan mode pengeditan HTML. Cara ini hampir sama dengan cara pertama soal pemenggalan artikelnya. Hanya cara penambahan link read more tersebut dibuat dengan cara mengetik kode read more tag secara manual. Kode yang harus ditulis pada akhir paragraf kedua/ketiga adalah:

<!–more–>

Letakkan kode tersebut satu saja dan cobalah melihat preview posting kamu sebelum kamu menekan tombol Publish. Semoga artikel cara menambahkan link read more ini bermanfaat ya? Kalau ada pertanyaan, temui aku di kolom komentar.

Tentang sdjigudan

Terimakasih telah mengunjungi web SD Jigudan, salam admin SD Jigudan By Adnaton Setiawan
Pos ini dipublikasikan di Teknologi. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s