Kreasi Batik Bantul

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Batik Bantul Jadi Produk Unggul Yang Dicontoh Daerah Lain

Hasil kerajinan batik kabupaten Bantul mempunyai motif dan warna yang khas sehingga menarik masyarakat untuk membeli dan menggunakan. Hasil Batik Bantul merupakan produk unggul yang juga menjadi perhatian masyarakat luar daerah maupun luar negeri tertarik memakai batik Bantul untuk aktivitas kesehariaanya, pakaian.seragam kantor, bahkan untuk acara formal dan kondangan. “Batik merupakan hasil kerajinan warisan nenek moyang yang nyaman digunakan, dan pantas dipakai dalam acara apapun. Kreativitas Batik Bantul dengan motif yang beragam dan warna alam menjadi daya tarik daerah lain untuk menggunakan dan mencontoh. Beberapa tamu luar daerah dan luar negeri datang ke Bantul untuk belajar membatik. Selain memakai, mereka juga tertarik untuk mencontoh batik buatan Bantul,”jelas Assiten Perekonomian dan Pembangunan Dr.Drs.Suyoto HS,MSi,MMA ketika menyambut tamu dari DPRD Kab Bintan hari Kamis (08/03).

Produk kerajinan bisa jadi ‘market’nya daerah untuk menarik masyarakat luar bertandang/berkunjung, sehingga daerah yang dikunjungi tersebut akan lebih dikenal dan berkembang. Batik Bantul sudah menasional bahkan menginternasional, dan menjadi pakaian wajib yang digunakan oleh pejabat, pegawai, masyarakat umum di seluruh Indonesia. “Kami salut atas kreasi putra Bantul yaitu batik khas Bantul yang sudah dikenal di seluruh Indonesia bahkan luar negeri. Untuk itu, kami ingin belajar dan bekerjasama dalam proses legalitas hak cipta hasil batik. Kabupaten Bintan yang juga telah menciptakan 12 motif khas daerah kami akan meniru Bantul sehingga memiliki batik khas daerah Bintan,”kata pimpinan rombongan DPRD Kab Bintan Joko Zakaria,SE.

Bantul mempunyai banyak hasil kerajinan yang juga menguatkan produk kerajinan Propinsi DIY. Desa-desa penghasil kerajinan yang potensial dikemas menjadi Desa Wisata, salah satunya desa penghasil batik yaitu Desa Wukirsari. Di desa wisata tersebut disediakan kain batik dan pakaian jadi yang siap dipakai. Selain itu, bagi pengunjung juga disediakan fasilitas untuk melihat proses pembuatan batik dan berlatih membatik. Untuk menghindari perebutan kreasi, Batik Bantul sudah melegalkan hak ciptanya dan dalam Festival Design untuk menunjukkan design batik kreasi Bantul. Untuk pengembangan model dan kreasi batik Bantul, pemerintah Bantul memberi fasilitas pelatihan pengembangan design, bekerjasama dengan pengusaha batik besar (Bale Batik), pengrajin yang sudah besar dihimbau untuk mendayagunakan masyarakat sekitar serta fasilitasi peminjaman modal dengan bunga lunak. (dew)

Tentang sdjigudan

Terimakasih telah mengunjungi web SD Jigudan, salam admin SD Jigudan By Adnaton Setiawan
Pos ini dipublikasikan di Berita Lokal. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s